Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124

https: img.okezone.com content 2022 06 23 612 2616848 tetap-sehat-saat-terbang-coba-terapkan-tips-stocking-ppressure-deh-09VC77w5Vu.jpg

Tetap Sehat saat Terbang, Coba Terapkan Tips Stocking Ppressure Deh : Okezone Lifestyle

Tetap Sehat saat Terbang, Coba Terapkan Tips Stocking Ppressure Deh : Okezone Lifestyle

BEPERGIAN jarak jauh memang menjadi rutinitas melelahkan yang tidak sayangnya tidak bisa kita lewatkan. Ketika melakukan bepergian jarak jauh, salah satu moda transportasi yang sering digunakan adalah pesawat terbang.

Ada beberapa faktor risiko yang bisa dialami ketika seseorang dalam perjalanan udara, di antaranya adalah dehidrasi, gangguan pernapasan, sinusitis, gangguan kardiovaskuler, deep vein thrombosis (DVT) akut dan lain-lain.

Hal yang perlu diwaspadai ialah beberapa gejala seperti bengkak di area tungkai. Kemudian adanya nyeri atau kram, serta kesemutan. DVT adalah kondisi terjadinya penggumpalan atau pembekuan darah di pembuluh darah vena, yang bisa saja menyebabkan kematian.

dr. Itah Sri Utami, Sp.KP dokter Spesialis Kedokteran Penerbangan dan juga Tim dokter Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah mengungkapkan, ada beberapa cara agar jamaah haji dapat nyaman ketika menjalani penerbangan.

Salah satu caranya adalah menggunakan stocking pressure. Stocking pressure atau juga disebut kaus kaki elastik tekan yang berfungsi dapat melancarkan aliran darah. Khususnya ketika tidak bergerak atau duduk selama penerbangan.

“Kalau kita naik pesawat dalam kondisi statis,kurang dalam pergerakan hanya duduk saja di kursi penumpang tanpa melakukan mobilisasi (berjalan atau melakukan peregangan dalam pesawat) dapat terjadi risiko penggumpalan darah ditungkai,” kata dia.

“Tapi kalau gunakan stocking pressure, metabolisme aliran darah akan lebih lancar ke atas, tidak menumpuk di tungkai,” tambahnya.

Dia menjelaskan, Deep Vein Thrombosis (DVT) adalah kondisi terjadinya penggumpalan atau pembekuan darah di pembuluh darah vena, biasanya muncul di area betis dan paha. Kondisi ini tidak dapat dianggap sepele karena dapat saja menyebabkan kematian. Kematian terjadi akibat emboli pada pembuluh darah yang menggumpal,” jelasnya.

Oleh karenanya, di mengatakan selain stocking pressure, jemaah juga disarankan untuk melakukan mobilisasi seperti senam peregangan, tambahnya. Ditambah mempersiapkan tubuhnya untuk siap dan sehat berhaji.

Salah satu caranya adalah segera berkonsultasi dengan dokter segera setelah mendapatkan nomor porsi atau nomor antrian keberangkatan. “Sehingga jika memang ada komorbid, jemaah sudah terbiasa untuk minum obat secara rutin untuk mengurangi risiko penyakit yang diderita” kata dr Ita menambahkan.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.