Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124

https: img.okezone.com content 2022 07 18 481 2631884 10-cara-mengobati-amandel-secara-alami-gak-butuh-waktu-lama-buat-sembuh-nlOMzdJ0ts.jpg

10 Cara Mengobati Amandel Secara Alami, Gak Butuh Waktu Lama Buat Sembuh! : Okezone Lifestyle

10 Cara Mengobati Amandel Secara Alami, Gak Butuh Waktu Lama Buat Sembuh! : Okezone Lifestyle

10 CARA mengobati amanda secara alami penting untuk Anda ketahui. Sakit amandel atau radang amandel dalam dunia medis disebut dengan tonsilitis. Penyakit ini sebagian besar terjadi akibat infeksi virus. Tahukah Anda ada 10 cara mengobati amandel secara alami?

Ya, bahan rumahan bisa dijadikan senjata untuk menyembuhkan radang amandel. Kuncinya adalah tidak mengonsumsi makanan pedas dan minuman yang terlalu asam, bersoda, atau dingin. Amandel pun bisa sembuh dalam waktu yang tidak lama.

Dilansir dari Medical News Today, Senin (18/7/2022), berikut 10 cara mengobati amandel secara alami:

1. Minum banyak cairan hangat

(10 Cara Mengobati Amandel Secara Alami, Foto: Healthline)

Ingat, kuncinya adalah jangan minum dingin, apalagi pakai es batu. Karena itu, di saat radang amandel, pastikan Anda hanya minum minuman hangat.

Selain minuman hangat, cairan hangat pun harus jadi pilihan. Untuk itu, sup hangat, kaldu hangat, teh hangat bisa jadi pilihan yang bijak saat sakit amandel.

BACA JUGA : 

2. Makan yogurt

Makan yogurt atau smoothie yang segar bisa jadi pilihan lain, karena mereka menawarkan pereda nyeri sementara akibat sensasi mati rasa tenggorokan.

3. Jangan konsumsi makanan keras

Makanan keras atau tajam adalah musuh besar saat Anda kena radang amandel. Makanan keras bisa menggores tenggorokan, menyebabkan iritasi dan peradangan semakin serius.

Jika Anda mau makan biskuit, sebaiknya pastikan biskuit itu dicelupkan ke dalam susu sehingga saat masuk ke mulut sudah lunak. Pun juga wafer atau roti.

4. Berkumur dengan air garam

Air garam dipercaya bisa membunuh kuman. Pilihan berkumur dengan air garam bisa Anda coba untuk membersihkan maksimal area mulut Anda, termasuk meredakan rasa sakit.

5. Pastikan udara ruangan sejuk

Berada di dalam ruangan kering saat radang amandel adalah bencana. Sebab, itu bisa membuat tenggorokan semakin kering dan pada akhirnya radang amandel semakin perih terasa. Karena itu, usahakan untuk buat udara senyaman mungkin.

6. Hindari suara tinggi

Saat radang amandel, jangan teriak-teriak. Redam suara Anda sebanyak mungkin karena itu artinya Anda mengistirahatkan amandel yang sedang meradang dan proses penyembuhan bisa terjadi lebih cepat.

7. Istirahat yang cukup

Ya, bukan hanya suara yang istirahat tapi badan juga perlu istirahat yang cukup. Istirahat memungkinkan tubuh melawan virus atau bakteri lebih maksimal.

8. Konsumsi obat pereda nyeri

Paracetamol. ibuprofen, atau aspirin bisa jadi pilihan untuk mengatasi rasa nyeri yang sudah Anda tidak bisa kendalikan. Tapi, jadi catatan bahwa aspirin tidak cocok untuk anak-anak, karena dapat menyebabkan penyakit yang mengancam jiwa yang disebut Reye syndrome.

9. Konsumsi obat pereda tenggorokan

Saat ini banyak dijual permen pelega tenggorokan. Itu bisa Anda jadikan alternatif untuk mengatasi rasa nyeri akibat radang amandel.

10. Semprotan tenggorokan

Jika konsumsi permen dirasa kurang cukup membantu, Anda bisa memaksimalkannya dengan menggunakan semprotan tenggorokan.

So, itu dia 10 cara mengobati amandel secara alami. Ingat, konsultasikan terlebih dulu ke dokter seberapa parah radang amandel yang Anda hadapi. Terapi di atas bisa jadi pendamping terapi obat dokter Anda.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.